kelebihan dan kekurangan advan G1 spek dan harga

 Advan

kelebihan dan kekurangan advan G1 spek dan harga

 

Meski sempat ditunda peluncurannya akhirnya Brand ponsel lokal, Advan, merilis smartphone barunya yang diberinama G1. Advan merupakan salah satu smarpthone besutan advan yang sepertinya menyasar anak muda, hal tersebut juga bisa dilihat ketika advan G1 menjadi sponsor resmi ajang pencarian bakat rising star indonesia season 2.

Awalnya advan G1 akan diluncurkan pada september tahun lalu, bahkan Advan G1 telah secara resmi menjadi sponsor rising star, namun ternyata baru pada pertengahan pebruari advan secara resmi merilis smartphone ini. Jika kita melihat secara spesifikasi sepertinya advan akan menjadi penjegal bagi para rombongan smartphone china/tiongkok, pasalnya Advan G1 juga menyasar pasar kelas menegah ke bawah yang biasanya didominasi oleh deretan smartphone asal tiongkok.

Seperti biasanya advan yang merupakan pabrikan lokal selalu memberikan harga yang sesuai, Advan G1 ini dibandrol dengan harga 2.229.000 yang artinya advan G1 menyasar kalangan menengah ke bawah khususnya anak muda, seakan mereka tahu pasar yang potensial di negerinya sendiri. lalu seperti apa spesifikasi dari Advan G1, berikut ini spesifikasinya sekaligus menjawab apa sih kelebihan advan G1 dibandingkan smartphone lainnya.

 

Konektivitas

Untuk konektivitas seperti pada kebanyakan smartphone lainnya keluaran 2017, Advan G1 telah mendukung jaringan 4G untuk seluruh operator di Indonesia. Untuk kecepatan internetnya Advan G1 telah mendukung LTE Cat4 dengan kecepatan download maksimal 150Mbps dengan kecepatan upload 50 Mbps.

Selain itu terdapat juga konektivitas standar lainnya seperti bluetooth, wifi, dan juga USB on the go (OTG). Untuk bluetoothnya sendiri telah menggunakan versi 4.0 sehingga akan lebih mempercepat transfer data menggunakan bluetooth. Sayangnya portnya USB nya masih menggunakan micro usb versi 2.0.

 

Desain Dan Hardware

Untuk desain cukup menarik untuk smartphone harga 2 jutaan desainnya nampak elegan, cendrung seperti iphone namun sedikit lebih tebal desainnya memanjang dengan sisi-sisi melengkung di bagian pinggirnya. Material bodynya sendiri terbuat dari bahan metal untuk bagian belakang dan plastik untuk bagian depan. Di bagian atasnya terdapat port untuk headset jack berukuran 3,5mm, sedangkan dibagian pinggir sebelah kanan terdapat tombol volume dan tombol power (juga lock). Dibagian bawahnya terdapat port untuk usb dan juga lubang mic. Sedangkan di sebalah kanan terdapat lubang sim tray untuk memasukan kartu sim card.

Pada bagian depan hanya terdapat kamera depan, lampu led notifikasi, serta speaker telinga. Tidak ada tombol kapasitif. Untuk tombol kapasitif terletak pada layar yang akan muncul ketika layar dinyalakan, sehingga bagian bawahnya terlihat lebih cantik karena tanpa tombol sama sekali.

Beralih ke bagian belakang, di bagian atasnya terdapat kamera primer dengan resolusi 13MP dengan LED flash, dimana tepat di bagian bawah kamera terdapat bulatan sensor fingerprint. Sedangkan Di bagian belakang bawah terdapat speaker dengan suara yang lumayan lantang dan bulat hal tersebut mungkin karena Advan G1 telah dibekali speaker premium titanium accoustic dan smart amplifier, hingga membuat resonansi audio lebih sempurna dan terdengar lebih nge’bass.

 

Layar

Untuk Layarnya sendiri menggunakan teknologi IPS dengan ukuran layar 5 inch dan untuk perlindungan layar sudah menggunakan gorilla glass 4, dengan bagian sisi layar telah memiliki desain 2,5D sehingga layar sedikit menonjol, ini memberikan kesan pembeda dengan smartphone murah lainnya.

Resolusi layarnya 720×1280 piksel (HD) dengan 16 juta warna. Telah mendukung multi touch dengan jumlah sentuhan yaitu 5 sentuhan. Menariknya lagi Advan G1 telah memiliki proteksi eyePro, proteksi ini akan memapu menyaring radiasi dari layar agar lebih aman untuk mata para penggunanya, tanpa harus mengurangi settingan kecerahan cahaya.

 

Performa

Untuk urusan performa sepertinya advan G1 memiliki spesifikasi yang standar untuk smartphone 2 jutaan dimana untuk chipsetnya sendiri menggunakan Mediatek MT8735P, Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53, dengan grapisnya sendiri menggunakan GPU Mali-T720MP. Namun yang cukup mengagumkan adalah kapsitas RAM nya yang memiliki besaran 3GB dengan internal 16GB.

Untuk Multitasking atau membuka beberapa aplikasi sekaligus sepertinya tidak akan jadi masalah karena kapasitas memori ram nya yang lumayan besar. Namun tentu saja untuk memainkan game berat dengan grafis yang komplek advan G1 sedikit kewalahan.

Memiliki baterai degan kapasitas 2.600mAh yang juga menggunakan dual Simcard, tentu untuk ketahan baterai akan sedikit lebih cepat terkuras. Namun untuknya resolusi layarnya masih HD bukan Full HD sehingga bisa lebih sedikit menghemat baterai.

 

Kamera

Sektor kamera menjadi salah satu yang paling menarik karena Advan G1 menggunkan lensa kamera Largan sama dengan yang terdapat pada iphone 6. Besaran resolusi pada kamera primernya (kamera belakang) adalah 13 MP sedangkan untuk kamera depannya bersolusi 8MP. Sesaat ketika kita telah memotret maka kita bisa langsung mengedit foto tersebut berkat adanya software editing yang sudah langsung disediakan. Hasil kameranya cukup lumayan terlihat tajam dan cukup detail.

Dengan aperture f/2.0 untuk kamera belakang dan f/2.2 untuk kamera depan membuat kamera Advan G1 cukup bisa diandalkan untuk memotret di berbagai kondisi cahaya, termasuk ketika dalam keadaan minim cahaya (low light). Untuk memotret jarak dekat atau macro pun hasil gambar terlihat lebih detail berkat lensa premium dari Largan Precision.

 

Software

Software menjadi salah satu sektor yang menarik untuk dibahas, karena pada Advan G1 terdapat memiliki OS dengan nama IDOS (Indonesian Operating System) yang berbasis pada Android Marshmallow 6.0. Ini merupakan OS buatan advan untuk mempermudah pengguna dari Indonesia, selain memang memiliki bahasa Indonesia juga tampilannya yang sangat memudahkan kita untuk urusan set setting.

Sensor fingerfrint yang terdapat pada Advan G1 ternyata terintregrasi dengan sofware di kameranya sehingga kita juga bisa memotret menggunakan sensor sidik jari. Untuk membuka kunci keamanan, mampu membaca fingerprint dengan cepat yaitu dalam waktu 0,2 detik. Untuk aplikasinya sendiri terdapat beberapa aplikasi standar dan juga set aplikasi dari google.

 

Kesimpulan

Sepertinya Advan G1 akan sangat cocok buat kamu penggila internet aktif dan sosial media. Dengan ram yang cukup besar, kita bisa membuka berbagai aplikasi sosial media secara bersamaan, misalnya facebook, instagram, path, whatsapp, bbm dan lain-lain. Dengan cukungan internet LTE Cat4 sosial media akan menjadi terasa semakin menyenangkan dan kecepatan internet yang tinggi.

Tidak lupa adanya kamera premium dari Largan akan membuat kamu yang suka upload foto ke sosial media akan merasa sangat dimanjakan. Juga tersedia software edit foto bawaan Advan G1 yang kaya fitur, sehingga kebutuhan edit foto kamu akan semakin terbantu. Namun Advan G1 tidak kami rekomendasikan untuk kamu penggila game berat karena prosesornya yang standar yang sepertinya akan membuat game dengan grafis komplek akan terasa tersendat-sendat atau lag, ditambah kapasitas baterainya yang standar pula.

 

Spesifikasi singkat Advan G1

Harga : Rp. 2,500,000.00

Konetivitas

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, LTE
  • WLAN
  • Wi-Fi 802.11
  • Bluetooth v4.0, A2DP
  • Usb on the go (OTG)

Layar

  • IPS LCD capacitive touchscreen, 16juta warna
  • Ukuran 5.0 inci 720×1280 piksel (HD)
  • multitouch 5 titik
  • Corning Gorilla Glass 2.5D

Audio

  • Premium Titanium Accoustic
  • Smart amplifier
  • 3.5mm jack
  • Speakerphone

Memory

  • Internal 16 GB
  • 3 GB RAM
  • Support microSD eksternal up to 32 GB

Hardware

  • Chipset Mediatek MT8735P
  • CPU Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
  • GPU Mali-T720MP

Kamera

  • Belakang 13 MP (F/2.0) (Lensa Largan Precision)
  • Depan 8 MP (F/2.2)
  • Flash LED
  • Video Record 1080p@30fps
  • Fitur kamera autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, video

Software

  • OS IDOS dengan basis Android marshmallow 6.0
  • Java menggunakan aplikasi tambahan

Baterai

  • Li-Ion 2600 mAh

Fitur lain

  • Sensor : Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass,
  • FM radio, RDS
  • Document viewer
  • Photo/video editor
  • Fast charging
Tags : cara root advan g1, root advan g1, cara root hp advan g1, advan g1 root, hasil jepretan advan g1, hasil jepretan kamera advan g1, cara root advan g, root untuk advan g1, cara root advand G1, cara menggunakan gsm smartfren di hp advan G1
    Beritahu teman: